Nama BKM :
Sindangsari
Kelurahan :
Sindangsari
Kecamatan :
Lembursitu
Kota :
Sukabumi
Propinsi :
Jawa Barat
Alamat Sekretariat BKM :Kp.Sukawarna Rt 01/02 Kelurahan
Sindangsari
Kecamatan Lembursitu.
Kontak Person :
085722398291
§
Nama :
Elis Siti Rawati
§ Jabatan :
Koordinator BKM
Tanggal Pembentukan :
19 November 2007
Pencatatan Akta Notaris : 43, 21 Juni
2013
Nama Notaris :
Dudi Salahudin, S.E., S.H.,
M.Kn.
Rekening :
Bank BRI, No. Rek. 4410-01-003138-53-4
Jumlah Anggota BKM :
9 Orang (P: 3 , W: 6)
I.
PENDAHULUAN
kemiskinan adalah kondisi dimana seseorang atau kelompok
orang laki-laki atau perempuan tidak terpenuhi hak-hak dasarnya untuk
mempertahankan dan mengembangkan kehidupan yang layak/bermartabat. Kemiskinan
dipengaruhi oleh berbagai faktor yang saling berkaitan, antara lain tingkat
pendapatan yang relative kecil, kesehatan, akses terhadap barang dan jasa,
lokasi geografis, gender dan kondisi lingkungan.
Dalam
Penanggulangan Kemiskinan, BKM berperan dalam memfasilitasi proses pemberdayaan
masyarakat, dan membangun jaringan dengan pemerintah stake holders, dan
kelompok peduli. Berdasarkan akar persolahan kemiskinan yang muncul di
masyarakat, maka Program PNPM bertujuan untuk merumuskan upaya penanggulangan
kemiskinan secara cermat dan tepat sasaran berdasarkan tujuan beberapa aspek
demografi seperti kesehatan, pendidikan, sosial, ekonomi, sarana/prasarana
lingkungan dan lain-lain. Oleh karena itu dibuatlah profil BKM ini sebagai
bahan acuan dalam penanggulangan kemiskinan.
A.
Kondisi Umum dan Geografis
Luas Wilayah :
101.675 ha
Jumlah RW :
6
Jumlah RT :
20
Batas wilayah :
·
Sebelah Utara berbatasan dengan Kelurahan Cikondang.
·
Sebelah Timur berbatasan dengan Kelurahan Warudoyong
·
Sebelah Selatan berbatasan dengan Kelurahan Sindangsari
·
Sebelah Barat berbatasan dengan Kelurahan Sudajaya Hilir.
B.
Kondisi
Demografis
Jumlah
Penduduk :
5.180
Jumlah
Penduduk Dewasa :
3.780
Jumlah
Laki-Laki :
2.597
Jumlah
Perempuan :
2.583
Jumlah
KK :
1.313
Jumlah
KK Miskin :
229
Jumlah
Jiwa Miskin :
1.218
Mata
Pencaharian Utama :
Buruh dan wiraswasta
C.
Pengelolaan BLM
Alokasi BLM
|
Jml.Pagu APBN
|
Jml.Pagu APBD
|
Pencairan
|
Jumlah Kegiatan
|
Alokasi BLM Tahun 2013 Tahap II (5%)
|
|
10,000,000
|
25-10-2013
|
Keg.Fisik : 1
|
Keg.
Ekonomi : 0
|
||||
Kegiatan Sosial : 0
|
||||
Alokasi BLM P4IP Tahun 2013
|
250,000,000
|
|
21-11-2013
|
Keg.Fisik :10
|
Keg.
Ekonomi : 0
|
||||
Kegiatan Sosial : 0
|
||||
Alokasi BLM Tahun 2013 Tahap I (60%)
|
120,000,000
|
|
27-12-2013
|
Keg.Fisik :
9
|
Keg.
Ekonomi : 0
|
||||
Kegiatan Sosial : 9
|
||||
Alokasi BLM Tahun 2014 Tahap I (60%)
|
120,000,000
|
|
09-08-2014
|
Keg.Fisik : 7
|
Keg.
Ekonomi : 0
|
||||
Kegiatan Sosial : 0
|
||||
Alokasi BLM Tahun 2014 Tahap II (5%)
|
|
10,000,000
|
13-10-2014
|
Keg.Fisik : 1
|
Keg.
Ekonomi : 0
|
||||
Kegiatan Sosial : 0
|
II.
INFORMASI PEMBERDAYAAN
A.
Proses
Pembentukan BKM
BKM di Kelurahan Sindangsari sudah mengalami 3 kali pembentukan BKM. Pembentukan BKM pertama kali dibentuk melalui Rembug Pembentukan BKM pada
Tanggal 19 November 2007 diberi nama BKM Ikhlas kemudian dikarenakan di Kelurahan Sindangsari terdapat 2 BKM
dari program yang berbeda yaitu dari program PNPM-MP dan NUSSP. Kemudian
berdasarkan kesepatan dan hasil Rembug Warga Kelurahan Sindangsari melalukan
Pembentukan BKM dan pemilihan anggota BKM yang baru, agar BKM yang terbentuk
hanya ada 1 Lembaga BKM dalam satu Kelurahan. Oleh karena itu di bentuklah
kembali BKM yang diberi nama BKM Sindangsari pada tanggal 09 April 2010 yang dihadiri oleh 57 orang. Dari 3 calon perwakilan
dari 20 RT terpilih 9 orang anggota BKM (3 orang laki-laki dan 6 orang
perempuan). Kemudian setelah masa jabatan BKM
periode (2010-2013) selesai, dilakukan kembali pemilihan anggota BKM pada
tanggal 15 April 2013 yang dihadiri
oleh 54 orang, dari 3 calon perwakilan dari 20 RT terpilih 9 orang anggota BKM
(3 orang laki-laki dan 6 orang perempuan). Dalam rembug tersebut dibahas dan disepakati pula Visi
dan Misi sebagaimana tertuang dalam Anggaran Dasar BKM.
Visi BKM Sindangsari
“Meningkatkan kesejahteraan ekonomi, sarana
prasarana akses layanan dasar , pendidikan dan kesehatan warga Kelurahan
Sindangsari”
Misi BKM Sindangsari
Adapun Misi Kelurahan
Sindangsari diataranya sebagai berikut:
1.
Meningkatnya ekonomi masyarakat
2.
Lingkungan warga yang kondusif.
3.
Mengurangi anak putus sekolah
4.
Meningkatkan pelayanan sarana pendidikan
5.
Revitalisasi posyandu
6.
Meningkatkan pelayanan kesehatan
Adapun nama-nama
Anggota BKM terpilih masa bakti 2013-2016 adalah :
NO
|
NAMA
|
L/P
|
USIA
|
PEKERJAAN
|
POSISI
|
1
|
Ellis Siti Rawati
|
P
|
47
|
Wiraswasta
|
Koordinator
BKM
|
2
|
Yani Suryani
|
P
|
44
|
IRT
|
Anggota
BKM
|
3
|
Warjiyah
|
P
|
51
|
Wiraswasta
|
Anggota
BKM
|
4
|
Hindun
|
P
|
44
|
Wiraswasta
|
Anggota
BKM
|
5
|
Suhendra
|
L
|
31
|
Wiraswasta
|
Anggota
BKM
|
6
|
Euis Ningsih
|
P
|
71
|
IRT
|
Anggota
BKM
|
7
|
Andi Suhandi
|
L
|
36
|
Wiraswasta
|
Anggota
BKM
|
8
|
Dindin Saepudin
|
L
|
37
|
Wiraswasta
|
Anggota
BKM
|
9
|
Sujilah
|
P
|
43
|
IRT
|
Anggota
BKM
|
Personel
Sekretariat dan Unit Pengelola :
NO
|
NAMA
|
L/P
|
USIA
|
PEKERJAAN
|
POSISI
|
1
|
Sintia
|
P
|
27
|
IRT
|
UPK
|
2
|
Yani
|
P
|
30
|
IRT
|
UPS
|
3
|
Zainal
|
L
|
37
|
Wiraswasta
|
UPL
|
4
|
Saepullah
|
L
|
35
|
Seklur
|
PENGAWAS UPK
|
B.
Tridaya Berorientasi IPM-MDGs dan Perkembangan KSM
BKM merupakan Badan yang memfasilitasi
Rembug Penyepakatan dan Penetapan Perencanaan Jangka Menengah Program
Penanggulangan Kemiskinan (PJM Pronangkis). PJM Pronangkis merupakan rincian kegiatan yang harus
dilakukan untuk memecahkan permasalahan kemiskinan yang sesuai dengan hasil
pemetaan swadaya dari masyarakat itu sendiri
untuk masa berlaku 3 tahun dan
Rencana Tahunan Program Penanggulangan Kemiskinan (Renta Pronangkis) untuk
jangka waktu satu tahun.
Alokasi BLM
|
Total Dana
|
Jenis Kegiatan
|
Jumlah KSM
|
Anggota KSM
|
Jumlah Penerima Manfaat
|
|
L
|
P
|
|||||
Alokasi BLM TA.2013
|
200,000,000
|
Lingkungan
|
L : 9
|
31
|
28
|
352
|
Ekonomi
|
E :
|
|
|
|
||
Sosial
|
S : 1
|
6
|
8
|
130
|
||
Alokasi BLM P4-IP TA.2013
|
250,000,000
|
Lingkungan
|
L : 10
|
26
|
23
|
560
|
Ekonomi
|
E :
|
|
|
|
||
Sosial
|
S :
|
|
|
|
||
Alokasi BLM TA.2014
|
200,000,000
|
Lingkungan
|
L : 10
|
25
|
22
|
743
|
Ekonomi
|
E :
|
|
|
|
||
Sosial
|
S :
|
|
|
|
C.
Perkembangan BKM
BKM di Kelurahan Sindangsari sudah mengalami 3 kali pembentukan BKM. Pembentukan BKM pertama kali diberi nama BKM Tatali Wargi kemudian dikarenakan di Kelurahan Sindangsari terdapat 2 BKM
dari program yang berbeda yaitu dari program PNPM-MP dan NUSSP. Kemudian berdasarkan
kesepatan dan hasil Rembug Warga Kelurahan Sindangsari melakukan Pembentukan
BKM dan pemilihan anggota BKM yang baru, agar BKM yang terbentuk hanya 1 BKM di Kelurahan Sindangsari. Oleh karena itu di bentuklah kembali BKM yang
diberi nama BKM Sindangsari.
Adapun Tupoksi dari BKM itu sendiri adalah :
v Fungsi BKM adalah
- Penggerak dan penumbuh kembali
nilai-nilai luhur kemanusiaan dan prinsip-prinsip kemasyarakatan.
- Penganmbil keputusan dan
kebijakan yang adil, transparan, akuntabel dan demokratis dalam penanggulangan
kemiskinan
- Media aspirasi dan partisipasi
masyarakat
v Tugas pokok BKM adalah
- Merumuskan Kebijakan serta
aturan main secara demokratis mengenai hal-hal yang berhubungan dengan
penanggulanangan kemiskinan.
- Memfasilitasi usulan program
penanggulangan kemiskinan untuk di integrasikan dengan kebijakan pemerintah
setempat.
- Memonitoring, mengawasi dan
mengendalikan pelaksanaan keputusan-keputusan yang diambil.
Berdasarkan hasil penilaian Kinerja BKM Sindangsari bulan
Oktober 2014 dengan menggunakan instrument IDF (Institutional Development
Framework Kerangka Pengembangan Organisasi) menunjukkan bahwa kinerja BKM Sindangsari
masuk kategori : “MANDIRI”, rincian
penilaian sebagai berikut :
Aspek
|
Tahap Perkembangan BKM/LKM
|
Nilai
|
MANAJEMEN STRATEGIS
|
Visi-Misi
|
2.81%
|
Struktur Organisasi
|
3.13%
|
|
KEPEMIMPINAN
|
Legitimasi Pemilihan Anggota BKM
|
2.08%
|
Pengambilan Keputusan
|
2.08%
|
|
Perempuan dlm Pengambilan Keputusan
|
2.08%
|
|
Mekanisme Minta Usulan Masyarakat
|
2.08%
|
|
Partisipasi Anggota BKM
|
2.08%
|
|
Pertemuan
BKM
|
1.25%
|
|
SISTEM MANAJEMEN
|
Perencanaan
|
2.25%
|
Monitoring Evaluasi
|
2.00%
|
|
Dokumentasi Informasi
|
2.00%
|
|
PPM
|
2.00%
|
|
Penerima Manfaat Kegiatan
|
2.00%
|
|
SUMBERDAYA KEUANGAN
|
Sumber Pendanaan
|
1.25%
|
Rencana Keuangan
|
1.25%
|
|
Laporan Keuangan
|
1.56%
|
|
Pertanggungjawaban
|
1.25%
|
|
SUMBERDAYA MANUSIA
|
Pengembangan Kapasitas
|
6.25%
|
Kaderisasi
|
6.25%
|
|
HUBUNGAN EKSTERNAL
|
KSM
|
2.81%
|
Masyarakat
|
2.81%
|
|
Pemerintah
|
1.88%
|
|
Organisasi Nonpemerintah
|
2.50%
|
|
Total Nilai
|
55.67%
|
|
Justifikasi
|
Mandiri
|
D.
Kegiatan Kemitraan BKM dengan Pihak Lain
Sebagai konsekuensi dari
Organisasi Masyarakat Warga (Civil Socienty), BKM, selain melaksanakan kegiatan
pemberdayaan masyarakat kelurahan juga melakukan kegiatan pembangunan jaringan
melalui kegiatan kemitraan. Chanelling yang bermaksud untuk membagi peran
(share) dalam penanggulangan kemiskinan telah dilakukan oleh BKM antara lain
dalam kegiatan bermitra dengan Lembaga Masyarakat yang ada di kelurahan.
E. Transparansi dan Akuntabilitas
Selain pemaparan laporan pertanggung-jawaban
penggunaan dana BLM PNPM di dalam Rembug Warga Tahunan (RWT) yang dilakuan
setiap tahun di bulan Desember. BKM Sindangsari juga memaparkan hasil audit
independendent tahun 2008 yang dilakukan oleh Kantor Akuntan Publik DRA. Yati
Ruhayati dan audit independendent tahun 2009 dan 2010 yang dilakukan oleh
Kantor Akuntan Publik Dudi Salahudin, S.E., S.H., M.Kn. sampai dengan audit
independent tahun 2013 yang dilakukan oleh Kantor Akuntan Publik Abu Bakar
Usman&Rekan, dengan hasil tidak ditemukan indikasi penyalah gunaan dana BLM
PNPM dan penyusunan/pencatatan laporan keuangan BKM disajikan secara wajar sesuai dengan kebijakan akuntansi yang
berlaku umum di Indonesia.
Kesimpulan Laporan Pertanggung
Jawaban (LPJ) baik LPJ KSM maupun LPJ BKM selain dibacakan dalam Rembug Warga
Tahunan (RWT), juga di umumkan melalui Papan pengumuman atau papan informasi yang
dipasang (di 5 titik) diberbagai titik strategis untuk memudahkan control
masyarakat. Pertanggung-jawaban BKM kepada masyarakat juga
diimformasikan kepada
pemerintah Daerah dengan menyampaikan laporan rutin melalui Lurah dan PJOK
Kecamatan.
F.
Laporan Keuangan
a.
Laporan Sekretariat
Penilaian Kinerja Sekretariat pada bulan
Oktober 2014 di Kelurahan Sindangsari Kecamatan Lembursitu adalah “sangat baik”
dengan aspek penilaian sabagai berikut :
ASPEK PENGUKURAN KINERJA
|
HASIL VERIFIKASI
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
TOTAL
|
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
11
|
Sangat Baik
|
b.
Laporan UPK
Penilaian Kinerja UPK
pada bulan Oktober 2014 di Kelurahan Sindangsari Kecamatan Lembursitu adalah “sangat
baik” dengan aspek penilaian sabagai berikut :
ASPEK PENGUKURAN KINERJA
|
HASIL VERIFIKASI
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
TOTAL
|
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
11
|
Sangat Baik
|
0 komentar:
Posting Komentar