Selasa, 31 Juli 2012

WAKIL WALI KOTA SUKABUMI BUKA PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN

Sedikitnya 100 orang pelaku program PNPM-Mandiri Perkotaan Kota dan Kabupaten Sukabumi, turut serta dalam acara Pelatihan Kewirausahaan dan Ekonomi Syariah, yang diselenggarakan oleh Bank Syari’ah Mandiri (BSM) Sukabumi pada hari Rabu tanggal 18 Juli 2012, bertempat di Hotel Taman Sari Kota Sukabumi.  Kegiatan Pelatihan ini sebagai bentuk keberpihakan Bank BSM Sukabumi kepada para pelaku Program PNPM-Mandiri Perkotaan yang selalu mengabdikan dirinya untuk kesejehtraan warga masyarakat. Oleh karena itu BSM Sukabumi mencoba untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan melalui Pelatihan Kewirausahaan dan Ekonomi Syariah sebagai bekal bagi BKM dan Konsultan PNPM-Mandiri Perkotaan yang menjadi garda terdepan dalam penanggulangan kemiskinan.

Dalam Kesempatan ini pula Wakil Wali Kota Sukabumi Bapak  DR. H. Mulyono, MM yang didampingi Kepala Bappeda Kota Sukabumi Bapak Tejo Cahyo Nugroho, turut hadir dan membuka secara resmi acara Pelatihan Kewirausahaan dan Ekonomi Syariah bagi pelaku PNPM-Mandiri Perkotaan, beliau berpesan kepada para peserta khususnya BKM Kota Sukabumi untuk mengikuti pelatihan ini sampai tuntas, pelatihan ini sangat penting untuk pengembangan kapasitas diri yang nantinya dapat disampaikan lagi kepada warga masyarakat yang benar-benar ingin keluar dari keterpurukan, karena BKM sebagai relawan Program ditingkat kelurahan harus mampu menjembatani kebutuhan warga kurang sejahtera, disamping itu beliau berharap program PNPM-Mandiri Perkotaan ini mampu membawa warga masyarakat yang tidak berdaya menjadi berdaya, mandiri dan madani.


Sebelum masuk kepada materi pelatihan,  Kepala Cabang Bank Sayarih Mandiri  (BSM) Sukabumi Bapak Dedy Suryadi D, melakukan kontrak kerjas sama (MOU) dengan Konsultan PNPM-Mandiri Perkotaan yang diwakili oleh Ibu Ir. Sunti Garwati (Askot CD Mandiri Kota Sukabumi) dan Bapak Dede Heriadi, SP (Korkot Kota/Kab Sukabumi), serta  disaksikan oleh Wakil Wali Kota Sukabumi Bapak DR. H. Mulyono, MM. Kontrak kerja sama ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian Bank Syari’ah Mandiri (BSM) Sukabumi kepada para pelaku program PNPM-Mandiri Perkotaan dalam hal layanan akses pembiayaan.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi pertama yaitu tentang ekonomi syariah dan materi tersebut  disampaikan oleh Kiagus M. Tohir (Ketua LAZNAS BSM). Dalam pemaparannya pembicara memfokuskan pada 3 (tiga) bagian, pertama makna hidup, kedua etika bekerja dan  ketiga makna &  tujuan syariah. Sedangkan inti dari materi session pertama ini, pembicara mengajak kepada peserta untuk sama-sama menjaga agama (hifdzu al-din) menjaga jiwa (hifdzu ak-nafs) menjaga keturunan (hifdzu al-nasl) menjaga harta (hifdzu – mal) dan menjaga akal (hifdzu al – aql). Sedangkan disession kedua Kang H. Muklis (Owner Rumah Qita-red) menyampaikan materi tentan kewiirausahaan, sebelumnya belaiu memberikan motivasi kepada peserta yang hadir untuk bisa menjadi pengusaha yang sukses dengan konsep MKSM (Muslim, Kaya Syukur Manfaat), untuk mencapai MKSM tersebut pembicara menyarankan untuk mempunyai cara pandang harta dari kacamata islam, kemudian harus memlilki motivasi dan strategi, kalau saja ketiga hal tersebut bias dilaksanakan maka insyallah kita semua akan menjadi Musli Kaya Syukur Manfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Entri Populer