Selasa, 25 November 2014

PROFIL BKM CIKUNDUL


Nama BKM                                                    : Cikundul
Kelurahan                                                      : Cikundul
Kecamatan                                                    : Lembursitu
Kota                                                               : Sukabumi
Propinsi                                                         : Jawa Barat
Alamat Sekretariat BKM                                : Jl. Merdeka II Rt 02 Rw 10 Kelurahan Cikundul
                                                                        Kecamatan Lembursitu.
Kontak Person                                               : 085675906999
§  Nama                                                       : Aab Abdillah
§  Jabatan                                                   : Koordinator BKM
Tanggal Pembentukan                                  : 20 November 2007
Pencatatan Akta Notaris                                : 42, 21 Juni 2013
Nama Notaris                                                : Dudi Salahudin, S.E., S.H., M.Kn.
Rekening                                                       : Bank BRI, No. Rek. 4410-01-005171-53-8
Jumlah Anggota BKM                                    : 9 Orang    (P: 7 , W: 2)

I.            PENDAHULUAN
          kemiskinan adalah kondisi dimana seseorang atau kelompok orang laki-laki atau perempuan tidak terpenuhi hak-hak dasarnya untuk mempertahankan dan mengembangkan kehidupan yang layak/bermartabat. Kemiskinan dipengaruhi oleh berbagai faktor yang saling berkaitan, antara lain tingkat pendapatan yang relative kecil, kesehatan, akses terhadap barang dan jasa, lokasi geografis, gender dan kondisi lingkungan.
          Dalam Penanggulangan Kemiskinan, BKM berperan dalam memfasilitasi proses pemberdayaan masyarakat, dan membangun jaringan dengan pemerintah stake holders, dan kelompok peduli. Berdasarkan akar persolahan kemiskinan yang muncul di masyarakat, maka Program PNPM bertujuan untuk merumuskan upaya penanggulangan kemiskinan secara cermat dan tepat sasaran berdasarkan tujuan beberapa aspek demografi seperti kesehatan, pendidikan, sosial, ekonomi, sarana/prasarana lingkungan dan lain-lain. Oleh karena itu dibuatlah profil BKM ini sebagai bahan acuan dalam penanggulangan kemiskinan.

A.           Kondisi Umum dan Geografis
Luas Wilayah                                                 : 195.150 ha
Jumlah RW                                                    : 10
Jumlah RT                                                     : 32

Batas wilayah :
·         Sebelah Utara berbatasan dengan Kelurahan Sindangsari dan Sudajaya Hilir. 
·         Sebelah Timur berbatasan dengan Kelurahan Jayamekar
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Wangunreja dan Kabupaten Sukabumi.
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Kelurahan Cipanengah

B.       Kondisi Demografis
Jumlah Penduduk Dewasa                              :   4.403
Jumlah Laki-Laki                                              :   3.309
Jumlah Perempuan                                         :   3.184
Jumlah KK                                                       :   1.736
Jumlah KK Miskin                                            :      362
Jumlah Jiwa Miskin                                          :   1.218
Mata Pencaharian Utama                               : Buruh dan wiraswasta

C.       Pengelolaan BLM

Alokasi BLM
Jml.Pagu  APBN
Jml.Pagu  APBD
Pencairan & Pemanfaatan BLM
Jumlah Kegiatan
Alokasi BLM Tahun 2013 Tahap II (5%)

10,000,000
 25-010-2013
 Keg.Fisik : 0
 Keg. Ekonomi : 1
 Kegiatan Sosial : 0
Alokasi BLM P4-IP Tahun 2013
250,000,000

 21-11-2013
 Keg.Fisik :  10
 Keg. Ekonomi : 0
 Kegiatan Sosial : 0
Alokasi BLM Tahun 2013 Tahap I (60%)
120,000,000

 27-12-2013
 Keg.Fisik :  8
 Keg. Ekonomi : 0
 Kegiatan Sosial : 9
Alokasi BLM PLP-BK Tahun 2013
1,000,000,000

 09-10-2013
 Keg.Fisik : 23
 Keg. Ekonomi : 0
 Kegiatan Sosial : 1
Alokasi BLM Tahun 2014 Tahap I (30%)
120,000,000

 09-08-2014
 Keg.Fisik : 8
 Keg. Ekonomi : 0
 Kegiatan Sosial : 0
Alokasi BLM Tahun 2014 Tahap II (5%)

10,000,000
 13-10-2014
 Keg.Fisik : 1
 Keg. Ekonomi : 0
 Kegiatan Sosial : 0

I.         INFORMASI PEMBERDAYAAN

A.       Proses Pembentukan BKM
BKM di Kelurahan Cikundul sudah mengalami 3 kali pembentukan BKM. Pembentukan BKM pertama kali dibentuk melalui Rembug Pembentukan BKM pada Tanggal 20 November 2007 diberi nama BKM Tatali Wargi kemudian dikarenakan di Kelurahan Cikundul terdapat 2 BKM dari program yang berbeda yaitu dari program PNPM-MP dan NUSSP. Kemudian berdasarkan kesepatan dan hasil Rembug Warga Kelurahan Cikundul melalukan Pembentukan BKM dan pemilihan anggota BKM yang baru, agar BKM yang terbentuk hanya ada 1 Lembaga BKM dalam satu Kelurahan. Oleh karena itu di bentuklah kembali BKM yang diberi nama BKM Cikundul pada tanggal 12 Februari 2010 yang dihadiri oleh 88 orang. Dari 3 calon perwakilan dari 32 RT terpilih 9 orang anggota BKM (7 orang laki-laki dan 2 orang perempuan). Kemudian setelah masa jabatan BKM periode (2010-2013) selesai, dilakukan kembali pemilihan anggota BKM pada tanggal 18 Mei 2013 yang dihadiri oleh 154 orang, dari 3 calon perwakilan dari 32 RT terpilih 11 orang anggota BKM (9 orang laki-laki dan 2 orang perempuan) sampai sekarang. Dalam rembug tersebut dibahas dan disepakati pula Visi dan Misi sebagaimana tertuang dalam Anggaran Dasar BKM.

Visi BKM Cikundul
“ Menciptakan Kelurahan Cikundul yang berpotensi dengan mewujudkan masyarakat yang Mandiri, dan terbebas 75% dari masalah kemiskinan( Kesehatan, Pendidikan, Akses Layanan Dasar, meningkatkan Ekonomi Warga)  pada tahun 2016 dengan pengembangan di berbagai bidang (terutama peternak & wisata) ” Berdasarkan atas nilai-nilai kemanusiaan.


Misi BKM Cikundul
Seperti yang telah dijelaskan diatas setelah tersusunnya visi kelurahan maka upaya-upaya yang direncanakan selanjutnya disebut misi. Adapun misi dari BKM Cikundul adalah sebagai berikut :

a.        Menggalang kepedulian dan kerjasama berbagai unsur masyarakat untuk menanggulangi masalah kemiskinan.
b.        Meningkatkan perekonomian masyarakat miskin dengan pengembangan di bidang pertanian, peternakan, dan parawisata.
c.        Meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat miskin Kelurahan Cikundul.
d.        Meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat miskin dengan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan lingkungan.
e.        Meningkatkan ekonomi warga miskin melalui pengembangan objek parawisata.
f.         Meningkatkan kualitas lingkungan permukiman (kesehatan lingkungan, sarana prasarana, perumahan).
g.        Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak di luar kelurahan terutama agro industri dan parawisata.


Adapun  nama-nama Anggota BKM terpilih masa bakti 2013-2016  adalah :

NO
NAMA
L/P
USIA
PEKERJAAN
POSISI
1
Aab Abdillah
L
37
Wiraswasta
Koordinator BKM
2
Haidar Saleh
L
39
Wiraswasta
Anggota BKM
3
Eros
P
38
IRT
Anggota BKM
4
Usep Saepuloh
L
37
Buruh
Anggota BKM
5
Nurjaman
L
45
Petani
Anggota BKM
6
Abud Asmi
L
41
Buruh
Anggota BKM
7
Muhammad ichsan
L
39
Buruh
Anggota BKM
8
Asep Saepul Rahman
L
35
Wiraswasta
Anggota BKM
9
Ida Mulya
P
38
IRT
Anggota BKM
10
Saevi Zulfiqar
L
43
Guru
Anggota BKM
11
Uce Ridwan
L
31
Buruh
Anggota BKM

Personel Sekretariat dan Unit Pengelola :

NO
NAMA
L/P
USIA
PEKERJAAN
POSISI
1
PEPEN
L
45
GURU
UPK
2
AI INDAWATI
P
32
IRT
UPK
3
HENDRA WINATA
L
38
WIRASWASTA
UPL
4
ARIF HIKMAT
L
38
WIRASWASTA
UPL
5
DIAH P
P
35
IRT
UPS
6
FAISAL
P
32
Buruh
SEKRETARIAT
7
ELIN LINDAWATI
P
28
GURU
UPS
9
SUJONO
L
45
PNS
PENGAWAS UPK

A.       Tridaya  Berorientasi IPM-MDGs dan Perkembangan KSM
BKM merupakan Badan yang memfasilitasi Rembug Penyepakatan dan Penetapan Perencanaan Jangka Menengah Program Penanggulangan Kemiskinan (PJM Pronangkis). PJM Pronangkis merupakan rincian kegiatan yang harus dilakukan untuk memecahkan permasalahan kemiskinan yang sesuai dengan hasil pemetaan swadaya dari masyarakat itu sendiri untuk masa berlaku 3 tahun dan Rencana Tahunan Program Penanggulangan Kemiskinan (Renta Pronangkis) untuk jangka waktu satu tahun


Alokasi BLM
 Total Dana
Jenis Kegiatan
Jumlah KSM
Anggota KSM
Jumlah Penerima Manfaat
L
P
Alokasi BLM TA.2013
200,000,000
Lingkungan
L : 12
48
30
2392
Ekonomi
E :



Sosial
S : 1
5
7
105
Alokasi BLM P4-IP TA.2013
250,000,000
Lingkungan
L : 10
38
34
348
Ekonomi
E :



Sosial
S :



Alokasi BLM  PLP-BK TA.2013
1,000,000,000
Lingkungan
L : 23
59
23
1120
Ekonomi
E :



Sosial
S : 1
4
3

Alokasi BLM TA.2014
200,000,000
Lingkungan
L : 16
51
38
570
Ekonomi
E :



Sosial
S :





A.       Perkembangan BKM

BKM di Kelurahan Cikundul sudah mengalami 3 kali pembentukan BKM. Pembentukan BKM pertama kali diberi nama BKM Tatali Wargi kemudian dikarenakan di Kelurahan Cikundul terdapat 2 BKM dari program yang berbeda yaitu dari program PNPM-MP dan NUSSP. Kemudian berdasarkan kesepatan dan hasil Rembug Warga Kelurahan Cikundul melakukan Pembentukan BKM dan pemilihan anggota BKM yang baru, agar BKM yang terbentuk hanya 1 dikelurahan. Oleh karena itu di bentuklah kembali BKM yang diberi nama BKM Cikundul, yang dilakukan kembali pemilihan anggota BKM pada tanggal 18 Mei 2013 yang dihadiri oleh 154 orang, dari 3 calon perwakilan dari 32 RT terpilih 11 orang anggota BKM (9 orang laki-laki dan 2 orang perempuan).
Adapun Tupoksi dari BKM itu sendiri adalah :

v Fungsi BKM adalah
-    Penggerak dan penumbuh kembali nilai-nilai luhur kemanusiaan dan prinsip-prinsip kemasyarakatan.
-    Penganmbil keputusan dan kebijakan yang adil, transparan, akuntabel dan demokratis dalam penanggulangan kemiskinan
-    Media aspirasi dan partisipasi masyarakat

v Tugas pokok BKM adalah
-    Merumuskan Kebijakan serta aturan main secara demokratis mengenai hal-hal yang berhubungan dengan penanggulanangan kemiskinan.
-    Memfasilitasi usulan program penanggulangan kemiskinan untuk di integrasikan dengan kebijakan pemerintah setempat.
-    Memonitoring, mengawasi dan mengendalikan pelaksanaan keputusan-keputusan yang diambil.


Berdasarkan hasil penilaian Kinerja BKM Cikundul bulan Oktober 2014 dengan menggunakan instrument IDF (Institutional Development Framework Kerangka Pengembangan Organisasi) menunjukkan bahwa kinerja BKM Cikundul masuk kategori : “MANDIRI”,  rincian penilaian sebagai berikut :

Aspek
Tahap Perkembangan BKM/LKM
Nilai
 MANAJEMEN STRATEGIS
 Visi-Misi
2.81%
 Struktur Organisasi
3.75%
 KEPEMIMPINAN
 Legitimasi Pemilihan Anggota BKM
1.88%
 Pengambilan Keputusan
1.88%
 Perempuan dlm Pengambilan Keputusan
2.08%
 Mekanisme Minta  Usulan Masyarakat
2.08%
 Partisipasi Anggota BKM
2.08%
 Pertemuan  BKM
0.83%
 SISTEM MANAJEMEN 
 Perencanaan
2.50%
 Monitoring Evaluasi
1.75%
 Dokumentasi Informasi
2.75%
 PPM
1.75%
 Penerima Manfaat  Kegiatan
2.50%
 SUMBERDAYA KEUANGAN
 Sumber Pendanaan
1.25%
 Rencana Keuangan
1.25%
 Laporan Keuangan
1.56%
 Pertanggungjawaban
1.25%
 SUMBERDAYA MANUSIA
 Pengembangan Kapasitas
7.50%
 Kaderisasi
7.50%
 HUBUNGAN EKSTERNAL
 KSM
3.44%
 Masyarakat
3.44%
 Pemerintah
2.19%
 Organisasi Nonpemerintah
3.44%
Total Nilai
61.46%
Justifikasi
Mandiri


A.       Kegiatan Kemitraan BKM dengan Pihak Lain
Sebagai konsekuensi dari Organisasi Masyarakat Warga (Civil Socienty), BKM, selain melaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat kelurahan juga melakukan kegiatan pembangunan jaringan melalui kegiatan kemitraan. Chanelling yang bermaksud untuk membagi peran (share) dalam penanggulangan kemiskinan telah dilakukan oleh BKM antara lain dalam kegiatan bermitra dengan Lembaga Masyarakat yang ada di kelurahan.

B.       Transparansi dan Akuntabilitas
Selain pemaparan laporan pertanggung-jawaban penggunaan dana BLM PNPM di dalam Rembug Warga Tahunan (RWT) yang dilakuan setiap tahun di bulan Desember. BKM Cikundul juga memaparkan hasil audit independendent tahun 2008 yang dilakukan oleh Kantor Akuntan Publik DRA. Yati Ruhayati, audit independendent tahun 2009 dan 2010 yang dilakukan oleh Kantor Akuntan Publik Dudi Salahudin, S.E., S.H., M.Kn. sampai dengan audit independent tahun 2012 dan 2013 yang dilakukan oleh Kantor Akuntan Publik Abu Bakar Usman&Rekan, dengan hasil tidak ditemukan indikasi penyalah gunaan dana BLM PNPM dan penyusunan/pencatatan laporan keuangan BKM disajikan secara  wajar sesuai dengan kebijakan akuntansi yang berlaku umum di Indonesia.
Kesimpulan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) baik LPJ KSM maupun LPJ BKM selain dibacakan dalam Rembug Warga Tahunan (RWT), juga di umumkan melalui Papan pengumuman atau papan informasi yang dipasang (di 5 titik) diberbagai titik strategis untuk memudahkan control masyarakat. Pertanggung-jawaban BKM kepada masyarakat juga diimformasikan kepada pemerintah Daerah dengan menyampaikan laporan rutin melalui Lurah dan PJOK Kecamatan.
C.       Laporan Keuangan
a.          Laporan Sekretariat
Penilaian Kinerja Sekretariat pada bulan Oktober 2014 di Kelurahan Cikundul Kecamatan Lembursitu adalah “Sangat baik” dengan aspek penilaian sabagai berikut :

ASPEK PENGUKURAN KINERJA
HASIL VERIFIKASI
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
TOTAL
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
11
Sangat Baik

B.          Laporan UPK 
Penilaian Kinerja UPK pada bulan Oktober 2014 di Kelurahan Cikundul Kecamatan Lembursitu adalah “Sangat baik” dengan aspek penilaian sabagai berikut :

ASPEK PENGUKURAN KINERJA
HASIL VERIFIKASI
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
TOTAL
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
11
Sangat Baik




0 komentar:

Posting Komentar

Entri Populer