Rabu, 18 Februari 2015

Sumpiah Udang Berdana PNPM

KREATIF NIH: Warga RW 04 Kelurahan Naggeleng, Kecamatan Citamiang mengembangkan kuliner Sumpiah Udang dengan memanfaatkan bantuan dana dari program PNPM Mandiri Perkotaan. FEBRIYANTO/SEPERTIINI.COM

SUKABUMI – Program PNPM Mandiri Perkotaan Kota Sukabumi berdampak positif terhadap penataan wilayah permukiman. Bahkan memberikan dampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat.
Masyarakat yang merasakannya adalah warga RW 04 Kelurahan Naggeleng, Kecamatan Citamiang yang berhasil mengembangkan kuliner Sumpiah Udang dengan memanfaatkan bantuan dana dari program PNPM Mandiri Perkotaan.
“Industri rumah tangga ini sudah kami lakukans ejak tahun 2010 lalu dan alhamdulillah bisa meningkatkan pendapatan warga khususnya para ibu rumah tangga,” ujar Koordinator Ekonomi BKM Nanggeleng, Neneng Kartika yang membuka stand produk kuliner cdisela-sela expo PNPM di Gedung Juang 45, Rabu (10/9/2014).
Neneng menelaskan, industri rumah tangga pembuatan makanan sumpiah udang tersebut dilaksanakan langsung oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) AIKA. Meski di kelola oleh KSM AIKA, namun proses pembuatannya diserahkan kepada warga sekitar.
“Produk sumpiah udang ini sudah kita pasarkan ke Jakarta, Bandung, Bogor dan kota lainnya dengan harga Rp. 10 ribu per pcs,” katanya. Selain memasarkan di toko-toko, sumpiah udang produksi KSM AIKA juga sudah terdapat di minimarket di wilayah Kota Sukabumi.(**)
http://www.sepertiini.com/read/2014/09/632/sumpiah-udang-berdana-pnpm.html

1 komentar:

  1. https://softwarepnpm.files.wordpress.com/2017/09/gambaran-umum-software-upk-pnpm3.pdf

    BalasHapus

Entri Populer